Selasa, 28 Oktober 2008

ngeBlog ... Apa ya Manfaatnya? ... Manfaat ngeBlog ...

Saya termasuk pendatang baru di dunia pengeBlogan (ya kira-kira 10 bulan yang lalu). Setelah 10 bulan belajar ngeBlog, ada beberapa manfaat yang saya peroleh, antara lain :
1. Belajar untuk Mendokumentasikan apa yang pernah kita kerjakan (wah ini seperti ISO). Dengan nGeblog (jika continous) maka secara otomatis, dokumentasi kegiatan kita sehari-hari (baik tulisan maupun foto) akan terdokumentasi. Yeach ... mirip-mirip dengan database lah.
2. Belajar Menunangkan Ide / Pengalaman dalam bentuk Tulisan. Menulis merupakan sesuatu yang susah dilaksanakan tanpa melalui proses belajar. Sebagian orang ada yang pinter "ngomong", tetapi susah untuk mendokumentsikan dalam bentuk tulisan.
3. Memperluas Pergaulan / Membentuk Komunitas baru di Dunia Maya. Hal ini dapat terjadi biasanya sesama pengeBlog.
4. Sebagai sarana Promosi Diri.
5. Penyebarluasan / Mencari Informasi.
6. Refreshing / mengisi waktu luang. Refreshing tidak harus pergi ke Gunung, ke Laut, Mancing, Rafting, Renang dll. Ada hipotesis bahwa sebagian orang akan merasa "lega / puas" kalau sudah ngeblog. Wah klo ini perlu dilakukan Penelitian ...
7. Kalau kita lagi "kangen dengan keluarga", maka kita dapat melihat Web Blog kita yang berisi foto2 keluarga, sehingga "rasa kengen" akan sedikit terobati. Hal ini akan cocok bagi kita yang sering tugas luar / merantau. (relatif, tergantung isi blognya apa)?
8. Belajar Croping atau Mengedit Gambar, karena kalau gambarnya terlalu besar, menguploadnya susah (terutama kalau bandwidth nya kecil).
9. Melatih kesabaran (terutama kalau bandwidthn ya kecil), karena menguplodnya lama.
10. dll

:: yamta ::

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih Informasinya ....

Anonim mengatakan...

Informasi ini sangat membantu bagi saya yang baru belajar ngeBlog.